Facebook

Header Ads

Kebutuhan Sumber Daya dalam Jaringan-Dasar Router

Dasar Router

Konfigurasi Dasar Router Cisco

1. Konfigurasi IP Address

          Konfigurasi IP address ini untuk mengkoneksikan router dengan PC, tadi PC dihubungkan dengan port Fa0/0 pada router, maka yang di konfigurasi Fa0/0. Pertama masuk ke terminal pada laptop untuk masuk ke router menggunakan line console, masuk ke Global configuration mode, kemudian masuk ke interface yang akan kita konfigurasi, saya menggunakan IP 192.168.2.1/24 untuk Fa0/0 di router.

Router(config)#interface fastEthernet 0/0
Router(config-if)#ip address 192.168.2.2 255.255.255.0
Router(config-if)#no shutdown

Konfigurasi IP Address pada PC menggunakan IP Address yang 1 network dengan router, saya menggunakan 192.168.2.2/24, ping dari PC ke router untuk menguji konektivitasnya.

2. Konfigurasi Line VTY Password

          VTY (virtual tty) adalah line yang digunakan untuk akses konfigurasi router via telnet atau ssh. Ini bukan line fisik tapi virtual, konfigurasi ini berguna agar kita bisa mengontrol cisco router dari jarak jauh (remote) dan tidak sembarang orang bisa masuk. Masuk ke Global configuration mode

Restu(config)#line vty 0 7
Restu(config-line)#password fajar
Restu(config-line)#login

Perintah di atas saya memberikan password fajar pada line vty, dan perintah login untuk meng enable kan penggunaan password. Maksud dari perintah line vty 0 7 adalah kita membuka 16 jalur line vty, jadi dalam saat yang sama bisa secara bersamaan 16 orang masuk ke router, misal kita ganti line vty 0 2, berarti 3 orang bisa masuk dalam waktu bersamaan. Untuk mengecek konfigurasi, buka command prompt yang ada di PC, gunakan perintah telnet ke IP Address router, setelah memasukan password, kita sudah bisa me remote router.

3. Konfigurasi Enable Password

          Konfigurasi password untuk masuk Privileged EXEC mode (enable mode), perintahnya menggunakan enable password, tapi ini sangat tidak direkomendasikan karena tidak meng enkripsi password dengan mekanisme enkripsi yang kuat. Untuk konfigurasi password yang di enkripsi menggunakan perintah enable secret. Masuk ke Global Configuration mode

Menggunakan enable password :

Restu(config)#enable password fajar

Saat melihat konfigurasi yang sedang berjalan dengan perintah show running-config di Privileged EXEC mode, akan terlihat baris konfigurasi dengan password yang saya gunakan tadi.

Post a Comment

0 Comments