Facebook

Header Ads

Mengkonfigurasi Switch dan Router

Konfigurasi switch dan Router

Konfigurasi Switch

Langkah-langkah:
1. Buka Cisco Packet Tracer
2. Buat 3 topologi dengan masing-masing topologi switch dan empat computer. Topologi                        pertama IP KELAS A, kedua IP KELAS B, ketiga IP KELAS C. Untuk menambahkan                    komputer dan switch kalian bisa mengklik gambar komputer dan switch di pojok kiri bawah.
3. Setelah itu, sambungkan switch dan komputer menggunakan kabel straight. Untuk menambahkan        kabel kalian bisa pilih gambar petir di pojok kiri bawah, setelah itu pilih garis yang hitam tebal.
4. Sambungkan kabel straight dengan klik gambar komputer terlebih dahulu, lalu pilih                              FastEthernet0, lalu sambungkan kabel itu ke switch, klik kanan pilih FastEthernet0/1, lakukan            langkah yang sama dengan komputer lainnya.
5. Setelah itu klik kiri pada komputer satu, pilih desktop, pilih IP Configuration, setting IP Address        dengan menggunakan IP KELAS A. Contoh IP KELAS A : 40.40.40.40. Setelah diisi klik                  subnetmask maka subnetmask akan otomatis terisi. Lakukan hal yang sama pada komputer yang        lain tapi saat mengisi IP Address Networknya sama tapi Hostnya tidak boleh sama dengan yang          lain.
6. Setelah terisi semua ping komputer 1 ke komputer yang lain. Cara ping klik kanan gambar                  komputer piligh desktop pilih Command Promp. Setelah itu ketikkan ping "ip address komputer          lain" setelah itu Enter. Contoh : ping 40.40.40.23. Lakukan hal yang sama pada yang lain. Bila ada      tulisan request timed out maka gagal tersambung, tapi bila ada tulisan reply from maka berhasil          tersambung.

Konfigurasi Router

Langkah-langkah:
1. Buka Cisco Packet Tracer
2. Buat topologi seperti dibawah ini


3. Setelah itu klik kiri pada komputer satu, pilih desktop, pilih IP Configuration, setting IP Address dengan menggunakan IP yang tertera seperti dibawah komputer.
4. Klik gambar router pilih CLI. Untuk konfigurasi ikuti seperti yang dibawah:
         a.Kalau ada tulisan "would you like to enter the initial configuration dialog?" ketik n lalu enter              setelah itu enter lagi
         b.Untuk bisa konfigurasi ketik enable lalu enter lalu ketik config terminal
         c.Lalu ketik interface gi0/0
         d.Lalu ketik : ip address (nomor seperti yang ada pada gambar di dekat router)(spasi)                              (subnetmask sesuai kelasnya)
         e.Untuk bisa menghidupkan interface ketikkan no shutdown lalu enter
         f.Kalau mau keluar ketik exit

Setelah selesai ping dari KELAS A ke KELAS , KELAS A ke KELAS C begitu juga sebaliknya. Bila ada tulisan request timed out maka gagal tersambung, tapi bila ada tulisan reply from maka berhasil tersambung.


Sekian

Post a Comment

0 Comments